You need to enable javaScript to run this app.

ROOTS DAY UNTUK SMK NU LASEM BEBAS PERUNDUNGAN

  • Senin, 29 November 2021
  • Tim Krenova
ROOTS DAY UNTUK SMK NU LASEM BEBAS PERUNDUNGAN

Lasem – SMK NU Lasem mengadakan Roots Day pada 13 November 2021 sebagai puncak dari acara Bimtek Program Roots. Perayaan Roots Day yang dilaksanakan di Gedung G SMK NU Lasem ini dihadiri oleh 87 peserta yang terdiri dari 30 Agen Perubahan, 7 fasilitator guru, dan 50 tamu undangan. Banyak pentas seni dan kegiatan positif yang dipertujukkan. Perayaan berjalan dengan lancar dan gembira.

Sejak 29 September SMK NU Lasem telah mengadakan Bimtek Program Roots selama 10 kali pertemuan. Program Roots merupakan program pemerintah yang bekerja sama dengan UNICEF untuk mencegah perundungan di sekolah.

“Sebelumnya kami telah menyebar angket tentang perundungan kepada anak-anak, dari situ kita bisa melihat presentase tindak bullying yang terjadi di sekolah ini. Hasilnya kurang dari 15% tindak bullying itu ditemukan di sekolah,” ujar Uyun Nailufar, Fasilitator Guru Agen Program Roots.

Dalam bimtek tersebut 30 Agen Perubahan dibekali berbagai pengetahuan dan kegiatan positif tentang pencegahan dan penanganan terhadap tindak perundungan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menulis kotak perubahan, membuat poster anti perundungan, dan melakukan deklarasi anti perundungan.

“Puncak Bimtek Program Roots ini ya di Perayaan Roots Day. Dalam Roots Day nanti akan ada pameran hasil karya Agen Perubahan, akan ada penampilan role play juga. Temanya ya pastinya tentang perundungan di sekolah,” ujar Uyun.

Selain menampilkan hasil karya Agen Perubahan, penampilan role play, dan puisi berantai, hal yang cukup mencuri perhatian dalam Perayaan Roots Day adalah adanya deklarasi anti perundungan oleh Agen Perubahan. Dalam deklarasi tersebut, Agen mengajak peserta untuk mengucapkan Ikrar Agen Perubahan. Adapun ikrar tersebut berisi tentang komitmen sebagai seorang agen yang siap untuk menuntaskan perundungan di SMK NU Lasem.

“Alhamdulillah Perayaan Roots Day berjalan dengan lancar. Ibu Yulidar Maesaroh, Perwakilan dari Dinsos Rembang, juga terlihat senang dan antusias menyaksikan penampilan anak-anak. Semoga kedepannya Agen Perubahan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jawab Uyun saat diwawancarai oleh Tim Krenova (21/11/2021).

 

Bimtek Program Roots SMK NU Lasem

Bagikan artikel ini:
Arif Dimyati

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMK…

Berlangganan