You need to enable javaScript to run this app.

CALON BANTARA SMK NU LASEM LAKUKAN AKSI BERSIH PANTAI SEBELUM RESMI DILANTIK

  • Selasa, 16 November 2021
  • Tim Krenova
CALON BANTARA SMK NU LASEM LAKUKAN AKSI BERSIH PANTAI SEBELUM RESMI DILANTIK

Lasem – Gugus depan 14.075/14.076 SMK NU Lasem telah berhasil melangsungkan Pelantikan Penegak Bantara pada 18-19 Oktober 2021 di pinggir Pantai Caruban, Lasem. Pelantikan ini diikuti oleh 33 calon bantara dan 20 Dewan Ambalan. Sebelum pelantikan berlangsung, calon bantara diminta untuk melakukan aksi bersih pantai.

“Seperti pelantikan Laksana yang lalu, sebelum pelantikan calon bantara diharuskan untuk menyelesaikan ujian SKU dan mengikuti perkemahan selama dua hari,” ujar Nur Mufidah, Pembina Pramuka SMK NU Lasem.

Ada hal yang menarik pada kegiatan Pelantikan Bantara kali ini. Sebelum pelantikan dimulai, calon bantara diminta untuk melakukan aksi bersih pantai. Calon bantara dibekali kantung plastik untuk mengumpulkan sampah yang berserakan di sepanjang pantai.

“Setiap siswa kami beri satu kantung plastik besar. Setelah itu, kami mengarahkan mereka untuk mengambil setiap sampah di sepanjang sungai. Kami buat kompetisi, agar mereka dapat mengumpulkan sampah sebanyak mungkin hingga kantung terisi penuh,” tambah Nur Mufidah.

Aksi ini tentunya dapat meningkatkan rasa kepedulian calon bantara terhadap lingkungan sekitar. Terlebih lagi area Pantai Caruban merupakan salah satu destinasi wisata di Lasem yang sepatutnya harus dijaga dengan baik. Aksi yang dilakukan calon bantara ini telah mencerminkan Dasadarma Pramuka kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Setiap tahap kegiatan punya makna dan kesan tersendiri, seperti yang kami lakukan pada Pelantikan Bantara kali ini. Semua diajarkan untuk memupuk rasa kebersamaan, cinta alam, dan ketangguhan dalam menghadapi rintangan. Kami percaya bahwa setiap kegiatan yang dilakukan akan meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan,” jawab Nur Mufidah dalam sesi wawancara bersama Tim Krenova (14/11/2021).

Bagikan artikel ini:
Arif Dimyati

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMK…

Berlangganan