You need to enable javaScript to run this app.

IHT IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SMK PUSAT KEUNGULAN SMK NU LASEM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Rabu, 25 Agustus 2021
  • Tim Krenova
IHT IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SMK PUSAT KEUNGULAN SMK NU LASEM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Program SMK Pusat Keunggulan menjadi sekolah penggerak mendorong satuan Pendidikan melakukan transformasi diri dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Upaya tersebut dapat diwujudkan apabila kepala sekolah dan guru memiliki kapasitas dan kompetensi yang mumpuni dalam melakukan restrukturisasi dan reformasi pendidikan. Kapasitas dan kompetensi tersebut dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan.

Untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, tepat pada Senin, 2 Agustus 2021, SMK NU Lasem menyelenggarakan In House Training (IHT) selama sembilan hari melalui LMS yang dikelola sekolah. IHT tersebut diikuti oleh 36 peserta guru, 16 instruktur mapel yang telah mengikuti IHT tingkat nasional, dan 3 perwakilan tenaga kependidikanan.

Pelaksanaan In House Training di SMK NU Lasem ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan IHT Komite Pembelajaran di tingkat Nasional. Pelatihan ini menerapkan pendekatan Pembelajaran Transformatif melalui Inkuiri yang disebut dengan ‘alur MERRDEKA’ yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Elaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antarmateri dan Aksi Nyata. “Harapan kami implementasi prinsip pembelajaran yang ada dalam materi IHT bisa dilaksanakan di SMK NU, sehingga pengembangan pendidikan kedepannya lebih terarah dan nyata.” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Kishartini, S.Pd. dalam acara pembukaan IHT (2/8/2021).

Sekolah telah memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan IHT. Salah satunya dengan memberikan fasilitas tempat pelaksanaan yang layak, sarana prasarana yang mendukung seperti media belajar/LMS yang telah didesain dengan baik oleh tim IT SMK NU, dan menyediakan fasilitas pendampingan dari tim pendamping BBPPMPV BOE Malang dan Politeknik Indonusa Surakarta.

Kegiatan IHT ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di SMK NU Lasem sebagai SMK Pusat Keunggulan, sehingga nantinya dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan secara nasional. “Setelah kegiatan ini selesai, akan dilanjutkan lagi dengan kegiatan-kegiatan  program SMK Pusat Keunggulan lain sesuai dengan rencana tindak lanjut yang telah dijadwalkan. Seperti, implementasi link and super-match dengan DUDIKA.” tutup Wakakur SMK NU Lasem  (2/8/2021)

Bagikan artikel ini:
Arif Dimyati

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMK…

Berlangganan