A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smknulas/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smknulas/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kode Etik Bersosial Media (SOSMED) | SMK NU LASEM

SMK NU LASEM

Jl. Sunan Bonang KM. 01 Lasem

Unggul dan Berdaya Saing

Kode Etik Bersosial Media (SOSMED)

Sabtu, 29 April 2017 ~ Oleh Sodikin ~ Dilihat 194 Kali

Siapa sih di zaman modern ini yang tidak mempunyai media sosial? semua orang dari segala kalangan pasti mempunyai media sosial remaja maupun orang tua. Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Facebook, Twitter, Path, Tumblr, Vine, Snapchat, dll  merupakan contoh media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain banyak manfaatnya ada juga kelemahannya bila media sosial tidak digunakan secara benar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan media sosial :

1. Tidak Egois

Maksud dari tidak egois disini adalah kita sebagai pengguna media sosial untuk tidak overposting atau post secara berlebihan dalam jumlah banyak. Itu memang media sosial dan hak Anda untuk memposting sesuatu, tapi coba pikirkan teman Anda yang berandanya penuh dengan postingan Anda yang kemungkinan ia telah melewati informasi yang lebih penting dan tentunya hal itu sangat mengganggu dan merugikan..

2. Pikirkan dengan matang tentang sesuatu yang akan dipublikasikan entah itu postingan yang mengarah ke pornografi, mengekspresikan kemarahan dengan menggunakan bahasa yang kasar,  menimbulkan keributan, komentar yang mengandung SARA, pembullyan, dll. Ingat, yang menggunakan media sosial dan melihat postingan Anda ada banyak, bisa saja Anda dilaporkan ke pihak berwajib jika Anda tidak mengkontrol postingan Anda.

3. Berhati-hati untuk tidak menyebarkan sesuatu yang bersifat pribadi seperti data pribadi. Karena dapat memancing orang diluar sana untuk berbuat kejahatan melalui informasi pribadi yang Anda sebarkan.

4. Jangan terlalu sering memposting aktivitas dan menyebarkan lokasi Anda. Karena dapat memicu terjadinya penculikan, pemerkosaan, dll.

5. Kenali akun teman Anda dan usahakan tidak menerima pertemanan dari orang yang tidak dikenal atau sekiranya tidak terlihat baik.

6. Jangan terbujuk ajakan radikalisme dan terorisme. Maka dari itu kita sebagai pengguna media sosial harus pintar-pintar memilah informasi.

7. Jadilah diri sendiri, dengan maksud tidak mengada-ada karena ingin dipuji, dikasihani, dll.

8. Atur waktu dalam penggunaan media sosial dalam arti tidak berlebihan dalam penggunaannya dan cari aktivitas lain diluar media sosial. Karena sosial di dunia nyata lebih diperlukan.

Jadilah pengguna media sosial yang cerdas!

sumber

Berita Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Arif Dimyati, S.Ag.

Assalamu'alaikum Wr.Wb Alhamdulillah, kami ucapkan sebagai syukur kehadirat Allah SWT, karena telah memberikan kekuatan, kesempatan dan kenikmatan yang tak terhingga.…

Selengkapnya